Jumat, 13 Mei 2011

tentang lombok

Pulau Lombok berada persis di sebelah timur Pulau Bali dan sebelah barat Pulau Sumbawa. Di dominasi oleh sebagian besar suku Sasak yang kebanyakan berdomisli di Lombok bagian selatan dan utara. Menurut beberapa sumber bahwa suku sasak berasal dari Vietnam dimana dibagian selatan Lombok terdapat beberapa benda bersejarah ditemukan barang barang antiq yang persis sama dengan yang ada di Vietnam.

Pulau Lombok yang terkenal dengan keindahan alam dan baharinya yang sebagian besar berada di wilayah Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Utara terdapat beberapa obyek menarik seperti Air Terjun Sendang Gile yang berada persis di kaki Gunung Rinjani dengan ketinggian 150 meter dimana airnya mengalir dari Danau Segara Anak.

Masih disekitar Air Terjun Sendang Gile terdapat juga rumah tradisional suku Sasak yang masih asli dan memegang kepercayann nenek moyang sampai sekarang.

Pulau Lombok dengan luas wilayahnya 80 kilometer persegi dengan penduduk 3 juta dan sebagian besar menempati wilayah Lombok bagian timur karena wilayah ini dianggap yang paling subur di Pulau Lombok dan di Pulau Lombok sendiri terdapat 4 Kabupaten dan satu Kota Madya yaitu : Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Kodya Mataram yang termasuk Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pulau Lombok bisa dijangkau melalui udara maupun laut dari kedua Pula tetangga yaitu Pulau Sumbawa dan Bali. Terdapat pelabuhan Padang Bai menuju Pulau Lombok dengan menggunakan ferry dengan memakan waktu sekitar 4-5 jam sedangan dari Pulau Sumbawa hanya 1,5 Jam.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar